Olimpiade 2024: Brasil 4-2 Spanyol

Bagikan

BrasilĀ berhasil melaju ke Babak Final Olimpiade 2024. Hasil ini didapatkan setelah mengalahkan Juara Dunia Spanyol dengan skor 4-2 pada laga Babak Semi-Final di Stade de Marseille, Marseille. Dengan hasil ini, Brasil akan menghadapi Amerika Serikat yang menang di laga Babak Semi-Final lainnya. Spanyol sementara itu akan bermain di laga Perebutan Medali Perunggu melawan Jerman.

Olimpiade 2024: Brasil 4-2 Spanyol
Gabi Portilho merayakan golnya untuk Brasil.

 

Jalannya Laga

Brasil secara mengejutkan mengambil alih laga terlebih dahulu di Babak Pertama. Dan, Spanyol pun menghadiahkan gol pertama untuk Brasil di menit keenam. Gol berawal dari umpan pendek bek Spanyol, kiper Catalina Coll mengontrol bola. Mendapat sedikit tekanan dari penyerang Brasil, dia mencoba melepaskan umpan panjang. Sialnya, bola malah melayang ke arah Irene Paredes, yang membuat bola berbalik arah ke gawang Coll.

Unggul 1-0 membuat Brasil semakin semangat menyerang Spanyol. Meskipun butuh waktu lama, akhirnya pada menit 45 + 4, Gabi Portilho berhasil melesakkan gol kedua. Memanfaatkan umpan panjang Yasmin Ribeiro dari lini tengah, Portilho dengan cekatan mengarahkan bola ke sudut bawah gawang Coll untuk membuat Brasil unggul 2-0.

Olimpiade 2024: Brasil 4-2 Spanyol
Pelatih Arthur Elias merayakan gol Gabi Portilho.

 

Memasuki Babak Kedua, Spanyol semakin gencar menyerang. Hal ini berbuah fatal, karena Brasil kemudian melancarkan serangan balik mematikan di menit ke-72. Dari situasi tiga lawan dua, Priscila Flor mengirimkan bola ke Adriana Leal. Tembakannya menghantam mistar gawang, namun Portilho yang sigap menyundul bola kembali ke arah Adriana. Kali ini, Adriana tidak membuang kesempatan tersebut untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Spanyol sempat menghidupkan asa mereka pada menit ke-85. Berawal dari skema tendangan sudut, Salma Paralluelo menyundul bola yang sebenarnya tidak mengarah ke gawang. Sayangnya, Duda Sampaio panik dan malah menyundul bola malah masuk ke gawang Lorena da Silva.

Akan tetapi lagi-lagi kesalahan lini belakang menjadi momok Spanyol. Dalam kepanikan, usaha Oihane Hernandez untuk membuang bola malah membentur Kerolin Nicoli, yang membuat bola berada dalam penguasaan Kerolin. Berhadapan satu lawan satu dengan Coll, Kerolin dengan tenang menggulirkan bola di antara sela-sela kaki Coll untuk mengubah skor menjadi 4-1.

Spanyol sekali lagi sempat mengejar. Paralluelo mencetak gol di menit 90 + 12, lagi-lagi melalui skema tendangan sudut, untuk menghidupkan harapan Spanyol. Sayangnya, skor 4-2 tidak berubah dan Brasil pun melaju ke Babak Final di Paris pada hari Sabtu mendatang.

Laga Selanjutnya

Hasil laga ini membuat Brasil akan bertemu dengan Amerika Serikat di Babak Final nanti. Sementara Spanyol akan bertemu Jerman pada laga Perebutan Medali Perunggu.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap diĀ shotsgoal.com.